Lakukan 4 Cara Ini untuk Terhindar Dari Insomnia


Lakukan 4 Cara Ini untuk Terhindar Dari Insomnia

Tidur yang nyenyak merupakan impian semua orang. Kualitas tidur berdampak terhadap kondisi tubuh. Tidak sedikit orang yang memiliki kondisi tubuh tidak prima akibat kurangnya kualitas tidur. Hal ini disebabkan oleh gangguan tidur di malam hari yaitu insomnia. Sudah banyak orang yang mencoba berbagai untuk cara mengatasi insomnia, dimulai dari minum susu hingga olahraga malam hari.

Penyebab insomnia bisa berasal dari berbagai hal seperti stres, depresi, perasaan cemas, kondisi medis, dan kondisi psikologis. Kamu dapat menuliskan hal-hal apa saja yang membuatmu susah tidur. Jika kamu berniat untuk mengatasi insomnia mu, membaca artikel ini merupakan pilihan yang tepat. Tim rumah123.com telah mengumpulkan 4 cara untuk terhindar dari gangguan insomnia.

Usahakan Kamar Gelap
Sebagian besar orang meyakini bahwa gelap memiliki asosiasi dengan tidur. Dengan mematikan semua sumber cahaya di kamarmu dan membiarkan keadaannya menjadi gelap, akan membantu matamu untuk menyesuaikan dengan kondisi lingkungan. Perlahan-lahan kamu akan tertidur dikarenakan otak memperlambat informasi yang dikeluarkan.

Selain itu, pancaran cahaya dapat menghambat produksi hormon melatonin. Hormon melatonin merupakan hormon yang bertugas memberikan rasa kantuk pada tubuh. Jika cahaya lampu kamar kamu terlalu terang, maka hormon melatonin tidak dapat menjalankan tugasnya. Dan kamu tidak akan merasakan kantuk, jadi sebaiknya matikan lampu kamarmu ya!

Matikan Perangkat Seluler
Pada umumnya, sumber gangguan tidur di malam hari adalah perangkat seluler seperti smartphone. Cara untuk mengatasi insomnia adalah dengan mematikan perangkat cellular tersebut. Hal ini disebabkan karena orang-orang kecanduan untuk terus bermain smartphone. Hasilnya, mereka merasa ingin terus memegang dan memantau smartphone. Dengan mematikannya, kamu terhindar dari rasa ini.

Selain itu perangkat seluler juga memberikan radiasi cahaya yang terlalu dekat dengan mata. Kondisi ini juga dapat mempengaruhi hormon melatonin seperti halnya cahaya lampu. Bahkan, biasanya cahaya dari smartphone kamu justru lebih terang dibanding dengan cahaya lampu kamarmu bukan? Maka mulailah menonaktifkan smartphone kamu sebelum jam tidur tiba.

Meditasi
Penyebab insomnia salah satunya adalah perasaan cemas. Dengan mengatur napas secara perlahan dan dalam melalui meditasi kamu dapat mengatasi insomniamu secara perlahan. Kamu dapat melakukan meditasi secara rutin minimal 15 menit sehari sebelum tidur. Meditasi berguna untuk melemaskan otot-otot saraf setelah seharian penuh bekerja.

Meditasi dapat Anda lakukan dengan cara duduk secara rileks. Kemudian mulailah dengan tarik nafas dalam-dalam, tahan beberapa saat, lalu keluarkan secara perlahan. Lakukan pola ini paling tidak selama 10 menit sampai 15 menit. Setelah tubuh terasa rileks, maka akan timbul rasa kantuk dan kamu harus segera tidur setelah itu.

Aroma Terapi
Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi insomnia adalah menggunakan aroma terapi. Kamu dapat menggunakan aroma terapi seperti lavender, jeruk, vanila, mawar, dan melati. Kamu dapat memasang aroma terapi ini di berbagai sudut di ruanganmu. Aroma yang dikeluarkan dapat melemaskan otot-otot kepalamu sehingga kamu menjadi lebih rileks.

Cara menghadirkan aroma terapi bisa dengan menggunakan alat diffuser. Diffuser merupakan alat yang dapat mengubah minyak aroma terapi menjadi uap. Kamu perlu mencampurkan air dan minyak aroma terapi sesuai ukuran diffuser yang kamu punya. Uap inilah yang akan mengisi ruangan kamarmu sesuai dengan aroma yang kamu tuangkan.

Memiliki gangguan tidur seperti halnya insomnia memang sangat tidak nyaman. Kamu dapat melakukan beberapa tips di atas secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencobanya ya!

Posting Komentar

0 Komentar