Perusahaan Sukanto Tanoto Bantu UMKM Lebih Berkembang Melalui Program Pembinaan dan Bantuan Permodalan


Perusahaan Sukanto Tanoto Bantu UMKM Lebih Berkembang Melalui Program Pembinaan dan Bantuan Permodalan
Sumber: tribunnews.com

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi penyumbang terbesar bagi PDB (Produk Domestik Bruto) nasional. Di tahun 2018 saja, sebanyak 60% atau sebesar Rp 8.400 triliun PDB disumbang oleh UMKM. Tidak hanya itu saja, UMKM juga menyerap 121 juta tenaga kerja atau sekitar 96% dari total serapan tenaga kerja di Indonesia. Besarnya potensi UMKM dalam mengembangkan perekonomian nasional dan regional ini pun mendorong perusahaan Sukanto Tanoto untuk ikut membantu dalam mengembangkannya.

Salah satu unit bisnis Sukanto Tanoto yang aktif terlibat dalam membantu pengembangan UMKM adalah APRIL Group bersama dengan salah satu anak usahanya, PT RAPP (Riau Andalan Pulp and Paper). Berbagai program pelatihan diberikan. Mulai dari pelatihan manajemen bisnis hingga hal-hal teknis seperti pelatihan pembuatan kemasan, program pembinaan UMKM juga dilakukan demi membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Membina UMKM Melalui Program Pelatihan


PT RAPP secara konsisten mengadakan program pelatihan kepada UMKM yang menjadi binaan. Ragam pelatihan yang diberikan juga bervariasi mulai dari pelatihan pembuatan kemasan hingga pelatihan manajemen bisnis. Unit bisnis Sukanto Tanoto tersebut juga menggagas Rumah Batik Andalan sebagai wadah bagi para ibu rumah tangga yang tinggal di sekitar area operasional dan yang ingin belajar sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan lewat batik.

Dalam pelatihan pembuatan kemasan misalnya, PT RAPP mengajarkan kepada para peserta UMKM tentang bagaimana cara membuat kemasan yang baik, benar, menarik namun dengan biaya rendah. Dengan kemasan yang baik, nilai jual dan daya saing produk UMKM juga bisa ikut terdongkrak.

Pelatihan manajemen bisnis UMKM yang diselenggarakan perusahaan Sukanto Tanoto juga telah memberi dampak besar bagi para pelaku UMKM. Banyak pelaku bisnis UMKM yang akhirnya tahu bagaimana cara membuat laporan keuangan arus kas setelah mengikuti pelatihan tersebut.

Selain itu, PT RAPP juga memberikan pelatihan pemasaran kepada UMKM binaan. Berkat ilmu tersebut, tidak sedikit pelaku UMKM di sekitar area operasi PT RAPP dan APRIL Group yang bisnisnya semakin berkembang.

Membantu Meningkatkan Daya Saing Lewat Sertifikasi


Program pembinaan UMKM PT RAPP tidak hanya berhenti pada pelatihan semata. Perusahaan Sukanto Tanoto ini juga membantu meningkatkan daya saing UMKM dengan memberi fasilitas kepada para pelaku usaha yang ingin mendapatkan sertifikasi dari dinas terkait.

Pada bulan Oktober 2019 lalu, sebanyak 33 pelaku industri rumah tangga binaan PT RAPP berhasil memperoleh sertifikat pangan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan. Sertifikat pangan ini merupakan buah dari pelatihan pangan yang diselenggarakan oleh PT RAPP sebelumnya. Dalam pelatihan tersebut, peserta UMKM mendapatkan edukasi mulai dari proses pembuatan, pemasaran hingga bagaimana cara mengelola usaha secara profesional.

Bantuan Permodalan Tanpa Bunga dan Denda


Salah satu tantangan bagi para pelaku usaha, khususnya bagi yang baru mulai berwirausaha adalah permodalan. Urusan permodalan sering kali menjadi penghalang bagi mereka yang ingin membangun usahanya sendiri. Menyikapi hal tersebut, PT RAPP pun memiliki program untuk membantu pelaku UMKM yang membutuhkan bantuan modal. Salah satu pelaku bisnis UMKM yang mendapatkan bantuan pinjaman ini adalah Tukiman yang memiliki bisnis bengkel di Desa Gabung Makmur, Kerinci Kanan, Siak, Riau.

Selain membantu para pelaku UMKM yang berada di sekitar area operasi, PT RAPP juga memberi dukungan besar bagi karyawannya yang ingin memulai bisnis sendiri. Hal tersebut diwujudkan dalam program pinjaman tanpa bunga dan denda. Pinjaman ini pun disalurkan perusahaan melalui koperasi karyawan (kopkar) RAPP.

Filosofi 5C yang berfokus pada community, customer, country, climate dan company telah mendorong grup bisnis Royal Golden Eagle bentukan Sukanto Tanoto untuk terus menebarkan kebaikan kepada lingkungan sekitar. Dengan cara ini jugalah, RGE bisa sampai sejauh ini dan menjadi salah satu grup bisnis terbesar di Indonesia.

Posting Komentar

0 Komentar